oleh

DominoQQ

Salah satu keluarga permainan yang berbasis ubin yang menggunakan kartu persegi panjang atau disebut “domino” adalah DominoQQ. Kartu domino ialah ubin persegi panjang dengan garis yang membagi kartunya menjadi dua buah persegi. Setiap ujung ditandai dengan sebanyak titik (juga dinamakan dobs, nips, atau pips ) atau tanpa ada titik. Bagian belakang kartu domino dalam satu set tidak bisa dibedakan, biasanya tampilannya akan kosong atau mempunyai desain yang sama. Potongan-potongan permainan Domino menciptakan satu set kartu domino, kadang-kadang dinamakan dek atau paket. Set Sino-Eropa secara tradisional terdiri dari 28 domino, mengindikasikan semua kombinasi jumlah titik antara nol dan enam. Satu set domino ialah permainan generik, serupa dengan bermain kartu atau dadu, di mana permainan bisa dimainkan dengan satu set.

Penyebutan domino sangat awal ialah diketahui dalam sejarah dari dinasti Song Cina ditemukan dalam teks Former Events in Wulin yang ditulis Zhou Mi (1232-1298). Domino Modern pada abad ke-18 hadir pertama kali di Italia, namun bagaimana cara permainan domino Cina berevolusi menjadi permainan domino modern., itu tidak diketahui. Kemungkinan misionaris Italia di Cina yang membawanya ke Eropa.

Jenis kostum yang dipakai pada acara Karnaval Venesia, biasanya terdiri dari jubah berkerudung hitam dan topeng putih kemungkinan besar menjadi asal dari Nama “domino”. meskipun terdapat koin dari kata polyomino sebagai generalisasi, tidak terdapat hubungan pada kata “domino” dan polyomino dalam bahasa apa pun.

Konstruksi dan komposisi set domino

Terbuat dari gading atau tulang, atau kayu keras yang lebih gelap seperti kayu hitam, dengan pip yang kontras hitam atau putih (bertatahkan atau dicat) merupakan domino gaya Eropa yang tradisional . Serta, set domino telah dibuat dari banyak bahan alami yang berbeda: kayu lain (mis., abu, ek, cedar, dan redwood); logam (mis., kuningan atau timah);
batu (mis., Marmer, granit). Keramik tanah liat, atau bahkan Kristal atau kaca buram . Set ini memiliki tampilan yang lebih baru, dan seringkali bobot yang lebih berat membuatnya terasa lebih besar; juga, bahan semacam itu dan produk yang dihasilkan biasanya jauh lebih mahal daripada bahan polimer.

Bahan sintetis, seperti plastik atau plastik ABS, Bakelite dan resin fenolik atau lainnya biasanya menjadi bahan untuk membuat Set domino komersial modern. banyak set mendekati tampilan dan nuansa gading sementara yang lain menggunakan plastik berwarna atau bahkan transparan untuk mencapai tampilan yang lebih kontemporer. Set modern juga umumnya menggunakan warna yang berbeda untuk titik-titik dari setiap nilai akhir yang berbeda (satu titik mungkin memiliki pips hitam sementara dua titik mungkin hijau, tiga merah, dll.) Untuk memudahkan menemukan tip yang cocok. Kadang-kadang, orang dapat menemukan set domino yang terbuat dari stok kartu seperti itu untuk bermain kartu. Perangkat seperti itu ringan, kompak, dan murah, dan sejenisnya lebih rentan terhadap gangguan seperti angin tiba-tiba. Terkadang, kartu domino memiliki pin logam (disebut spinner atau pivot) di tengah.

Sejarah

Penyebutan domino tertulis tertua yang dikonfirmasi di Tiongkok berasal dari Former Events in Wulin (yaitu, ibukota Hangzhou) yang ditulis pada zaman dinasti Yuan (1271 – 1368) oleh penulis Zhou Mi (1232 – 1298), yang mendaftarkan pupai (perjudian) plak atau domino)), serta dadu sebagai barang yang dijual oleh penjaja pada zaman Kaisar Xiaozong berkuasa saat di zaman dinasti Song (memerintah 1162-1189). Andrew Lo menegaskan bahwa Zhou Mi berarti domino ketika mengacu pada pupai, karena penulis Ming Lu Rong (1436 – 1494) secara jelas mendefinisikan pupai sebagai domino (berkenaan dengan kisah pelamar yang memenangkan tangan seorang gadis dengan menghilangkan tangan). empat pupai pemenang dari set).

Manual paling awal yang diketahui tentang 《宣 和 adalah domino 牌 譜》 (Manual of the Xuanhe) yang dikarang oleh Qu You (1341 – 1437), tetapi beberapa sarjana Cina percaya bahwa manual ini memalsukan waktu penulisannya kemudian.

Dalam ensiklopedia harta Myriad, Zhang Pu (1602 – 1641) menggambarkan permainan kartu domino sebagai kartu pupai, meskipun karakter untuk pu telah berubah, tetapi masih menggunakan pengucapan yang sama. Permainan domino Cina tradisional termasuk Tien Gow, Pai Gow, Che Deng, dan banyak lagi. Set domino 32-piece, dibuat untuk mewakili setiap kemungkinan wajah dari dua dadu yang dilemparkan dan dengan demikian tidak memiliki wajah kosong, berbeda dari set domino 28-piece yang ditemukan di Barat selama pertengahan abad ke-18. Domino Tiongkok dengan wajah kosong yang dikenal pada abad ke-17.

Setengah dari setiap domino diatur dengan pips dari salah satu dadu dan setengah lainnya berisi pips dari dadu kedua. Perangkat China juga memperkenalkan duplikat beberapa lemparan dan membagi domino ke dalam dua pengaturan: militer dan sipil. Domino Tiongkok juga lebih panjang dari domino Eropa tipikal.

Pada permulaan abad ke-18 kartu domino menuju ke Eropa, membuat penampilan pertama mereka di Italia. Permainan itu agak berubah dalam terjemahan dari budaya Cina ke Eropa. Set domino Eropa tidak mengandung perbedaan atau pengaturan duplikat yang menyertainya. Sebagai gantinya, himpunan berisi tujuh domino tambahan Eropa, dengan enam dari mereka mewakili nilai-nilai yang didapatkan dari satu lemparan dadu dengan setengah ubin lainnya dibiarkan kosong, dan domino ketujuh mewakili kombinasi kosong-kosong (0-0).

Gading domino secara umum dipakai di Inggris pada abad ke-19 penyelesaian perselisihan tentang batas-batas penggembalaan tradisional, dan umumnya disebut sebagai “bonestick”.

Ubin dan Pengelompokannya

Ubin domino panjangnya dua kali lebih lebar dan biasanya memiliki garis di tengah yang membaginya menjadi dua kotak. Nilai kedua belah pihak adalah jumlah bintik atau pip. Dalam varian yang paling umum (double-enam), nilainya berkisar dari kosong atau tidak ada pip hingga enam. jumlah dari dua nilai, yaitu jumlah total pips, dapat disebut sebagai pangkat atau berat ubin, dan petak dengan lebih banyak pips dapat disebut lebih berat daripada petak lebih ringan dengan pips yang lebih sedikit.

Ubin umumnya dinamai dua nilai mereka; misalnya, deuce-lima atau lima-deuce (2-5 atau 5-2) adalah cara alternatif untuk menggambarkan ubin dengan nilai dua dan lima. Ubin yang memiliki nilai yang sama di kedua ujungnya disebut ganda, dan biasanya disebut sebagai ganda-nol, ganda-satu, dll. ubin dengan dua nilai yang berbeda disebut satu.

Setiap ubin milik dua pengaturan nilai dua, misalnya. 0 – 3 termasuk dalam suit kosong (atau 0 suit) dan 3 suit. Secara alami, pengecualian terbentuk ganda karena masing-masing ganda milik hanya satu jas. Dalam 42, ganda dapat diperlakukan sebagai mantel ganda tambahan, jadi ganda-enam (6-6) milik jaket jas ganda dan keenam.

Set domino yang paling umum tersedia secara komersial adalah enam ganda (28 ubin) dan sembilan ganda (dengan 55 ubin).

DominoQQ

Permainan yang menggunakan kartu domino pada zaman modern ini salah satunya adalah permainan dominoqq.

DominoQQ menggunakan satu set kartu domino. Permainan dominoqq lebih sering dimainkan secara online pada zaman modern ini. Permainan secara online lebih menarik karena dapat mempertemukan beragam pemain dan mudah untuk diakses oleh siapapun.

Panduan Bermain DominoQQ

Kami akan mengajarkan kamu panduan Dasar tentang Bermain QQ. Cara menghitung kartu dan semua hal yang kamu butuhkan untuk memainkan permainan Domino99.

28 kartu domino adalah jumlah keseluruhan yang ada dalam permainan domino99. Setiap permainan mendapat 4 kartu dengan maksimal 6 orang sebagai pemain . Sisi bawah dan atas dipisahkan oleh garis tengah masing-masing kartu memiliki 2 sisi domino .

Cara paling mudah untuk mengingat kartu-kartu ini dengan mengelompokkan kartu ke dalam 7 kartu seri. Setiap kartu memiliki jumlah titik yang berbeda, menunjukkan nilai kartu tersebut.

Berikut kartu berdasarkan serinya :

Seri Kartu 0

Di dalam seri kartu ini terdapat 7 kartu .
Di bagian atas atau bawah kartu masing-masing kartu tidak memiliki titik.

Seri Kartu 1

Di dalam seri kartu ini terdapat 6 kartu .
Di sisi atas atau bawah kartu masing-masing kartu memiliki 1 (satu) lingkaran besar

Seri Kartu 2

Didalam seri kartu ini terdapat 5 kartu.
Di sisi atas atau bawah kartu masing-masing kartu memiliki 2 (dua) titik.

Seri Kartu 3

Didalam seri kartu ini terdapat 4 buah kartu .
Pada sisi atas atau bawah kartu masing-masing kartu memiliki 3 (tiga) buah titik.

Seri Kartu 4

Didalam seri kartu ini terdapat 3 buah kartu .
Pada sisi atas atau bawah kartu masing-masing kartu memiliki 4 (empat) buah titik.

Seri Kartu 5

Didalam seri kartu ini terdapat 2 kartu .
Di sisi atas atau bawah kartu masing-masing kartu memiliki 5 (lima) titik .

Seri Kartu 6

Dalam seri kartu ini hanya ada satu buah kartu .
Di sisi atas atau bawah kartu masing-masing kartu seri ini memiliki 6 (enam) titik.

Cara Menghitung Kartu dalam DominoQQ

Menghitung jumlah titik per 2 kartu adalah cara untuk menghitung kartu dalam permainan DominoQQ adalah, menghitung titik pada setiap kartu di sisi kiri dan tambahkan jumlah lingkaran di sisi kanan, lihat contoh di bawah ini untuk penjelasan rinci :

Catatan Penting:

  • Saat terjadi total bulatan pada 2 kartu melebihi 9, Nilainya kartunya akan mengalami penurunan 10.
  • Saat terjadi total bulatan pada 2 kartu melebihi 19, Nilainya kartunya akan mengalami penurunan 20.

4 buah kartu dalam permainan Domino99 dibagikan pada setiap permain.

Menjumlahkan kartu pada sisi kiri terlebih dahulu dan kemudian kartu pada sisi kanan adalah cara menentukan nilai kartu domino99 tersebut.

Perincian yang lebih jelas dapat dilihat dari gambar dibawah ini.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *